Future Video

Selamat Datang Di Blog Saya, Jangan Lupa Baca dan Komentar ! Semoga Bermanfaat... *Salam Aligar*

20130927

LAYANAN INTERNET

A. WORL WIDE WEB (WWW)

Seperti kita ketahui sudah miliaran halaman Web yang terdapat di internet. Kemampuan internet boleh di katakana tidak terbatas dalam mengelola informasi dan mempunyai sumber daya yang tidak sedikit, termasuk didalamnya penggunaan e-mail, newsgroup, proses transfer file ataupun informasi dan pelayanan lainnya.

World Wide Web (WWW) atau biasa di sebut denan Webadalah sebuah media informasi global dimana pengguna dapat membaca dan menulis melalui komputer yang terhubung dengan internet.Selain itu, WWW juga dapat diartikan sebagai sebuah system dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan informasi lainya dipresentasikan dalam bentuk Hipertext.Protokol yang digunakan Web disebut HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) yang berjalan pada TCP/IP. Adapun dokumen Web pada umumnya ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language). Dokumen tersebut diletakan dalam Web Server (server yang melayani permintaan halaman web) dan diakses oleh klien (pengakses informasi) melalui perangkat lunak yang disebut Browser.

 B. WEB BROWSER

Web browser adalah perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menayangkan dan berinteraksi dengan tulisan, gambar, video, musik dan berbagai informasi lainnya yang terdapat pada halaman Web di sebuah situs di Internet atau di jaringan lokal. Tulisan dan gambar di halaman Web dapat mempunyai hyperlink ke halaman Web lain di mesin yang sama atau di situs web lainnya. Web browser memungkinkan pengguna secara cepat dan mudah mengakses informasi yang diberikan oleh banyak situs Web dengan cara menjelajahi link tersebut. Web browser akan memformat informasi HTML untuk ditayangkan. Karena itu tampilan halaman Web sedikit berbeda dari satu browser ke browser yang lain.

Ada beberapa Web browser yang dapat kita gunakan, antara lain Mozilla Firefox, Safari, Opera, Flock, dll.Saat ini, Firefox merupakan Web browser terbaik yang banyak digunakan di Internet.

Web browser kebanyakan digunakan sebagai agen pengguna dari HTTP. Walaupun lebih banyak digunakan untuk mengakses World Wide Web, Web browser juga dapat digunakan untuk mengakses informasi di Web server di jaringan lokal dan isi dari file system di harddisk.



C. URL DAN HOMEPAGE

  • URL
URL (Universal Resource Locator) merupakan alamat sebuah situs atau dokumen dari sumber lainnya di internet yang terdapat pada web. URL adalah konsep nama file standar yang diperluas dengan jaringannya. Nama file ini tidak hanya menunjukkan direktori dan nama file-nya, tetapi juga nana system yang digunakan dalam jaringan. URL dapat disediakan atau diakses dengan berbagai metode dan bisa jadi bukan hanya sekedar file, Karena URL dapat menunjukkan query-query, dokumen yang disimpan dalam database, hasil dari suatu perintah finger atau archie, atau apa pun yang berkaitan dengan data hasil proses.

Secara umum melakukan penjelajahan di internet harus diketahui alamat yang dituju. Aturan penulisan alamat tersebut adalah sebagai berikut :

Susunan penulisan URL :
protokol://domain/direktori/file
Contoh URL:
http://www.depdiknas.go.id/2011/09/04/

Dimana,
Protokol – menentukan tata cara komunikasi yang digunakan. Protokol yang sering digunakan adalah http, https, ftp.
Domain – merupakan nama server/komputer yang menyediakan layanan.
Direktori – merupakan folder tempat penyimpanan informasi.
File – file yang disimpan (kadang tidak perlu dituliskan).

Kita mengenal beberapa Top Level Domain (TLD) yang sifatnya global, seperti:
-  .com - untuk lembaga komersial
-  .org - untuk organisasi biasanya tidak komersial
-  .gov - untuk pemerintah Amerika Serikat
-  .edu - untuk universitas
Kita juga mengenal beberapa Top Level Domain (TLD) negara, seperti:
- .id – Indonesia
- .sg – Singapura
- .jp – Jepang
- .au – Australia.
Di Indonesia kita mengenal beberapa sub-domain untuk berbagai institusi, seperti
- .co.id- lembaga komersial
- .net.id - Internet Service Provider (ISP)
- .ac.id- universitas
- .sch.id – sekolah
- .or.id - lembaga non-komersial
- .web.id - situs pribadi

MATERI INI BELUM LENGKAP ANDA DAPAT DOWNLOAD DI LINK DI BAWAH

Klik Di  Sini Untuk Download Materi Selengkapnya

55 komentar:

  1. pak guru
    Terdapat dua jenis layanan e-mail yaitu :
    1. E-Mail yang berbasis Web
    2. E- Mail yang berbasis client
    pak guru di E- Mail yang berbasis client kita dapat mengirimkan email melaui perangkat lunak yaitu Microsoft Outlook dan Eudora. Fasilitan yang disediakan perangkat lunak tersebut, antara lain fasilitas menulis dan mengolah e-mail tanpa harus terhubung dengan internet .yang mau saya tanyakan kata mengolah e-mail tanpa harus terhubung dengan internet mengapa bisa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iye memang E-mail client itu sama saja seperti mengolah atau menggunakan e-mail biasa seperti dr yahoo dan gmail. Hanya saja yg e-mail client seperti outlook bisa du gunakan di jaringan yg tidak terkoneksi ke internet berarti dia hanya di lingkup jaringan itu saja misalnya cuma intranet. Contoh kaya di Laboratorium skolah kita kalau di matikan internetnya, bisa kita kirim e-mail antara komputer client (Komp yg biasa anda pakai di lab) yg terkoneksi sama jaringan itu saja.

      Hapus
  2. Novitha Hirda
    Pak guruu....
    Apakah TLD .gov hanya untuk pemerintah Amerika Serikat atau untuk sluruh dunia??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya... TLD .gov khusus buat Pemerintah Amerika Serikat. itu termasuk TLD eksklusif Amerika Serikat. karena perkembangan internet mulai dari Amerika Serikat, jadi mereka memperioritaskan Negaranya dulu. Selain itu negara lainnya di sambung dengan TLD negara masing2. Contohnya .go.id inti untuk Pemerintah Negara Indonesia.

      Hapus
    2. okkehh pa'guruu...
      sipp mkasihh :)

      Hapus
  3. Fajriani Samrin
    URL adalah konsep nama file standar yg di perluas dengan jaringannya.P' guru apa maksud dari pernyataan "nama file ini tdk hanya menunjukkan direktori dan nama file-nya,tetapi juga nama system yg digunakan dlm jaringan"mohon d jlaskan pak!!
    Serta metode" apa saja yg dapat disediakan atau di askes dlm URL?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya URL bukan hanya menunjukan alamat suatu file di internet, tetapi dalam menunjukan alamat itu ada pengatur atau pengontrol dalam menampilkan suatu alamat atau mengambil suatu data di internet yang disebut Protokol. Protokol yang ada adalah Http, https, dan ftp

      Hapus
  4. RIZAL SUHARDIMAN

    Pak guru.....
    di buku di jelaskan bahwa homepage merupakan halaman
    depan website, maka homepage pun dapat disebut
    sebegai web page. Akan tatapi, tidak semua web
    page merupakan homepage.
    PERTAYAAN saya:
    Mengapa tidak semua web page merupakan homepage? jelaskan...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Homepage adalah halaman depan website sedangkan web page adalah halaman-halaman website. Umpama website adalah buku, Halaman depan buku atau di sebut cover sama halnya dengan homepage, sedangkan lembaran2 dari pertama sampai terakhir adalah web page. jadi setiap halaman2 buku itu tidak bisa di sebut cover atau homepage. tapi halaman depan atau cover buku itu bis di sebut lembaran2 buku itu atau web page.

      Hapus
  5. Sri Rahmawati
    Apa kegunaan dari (SMTP) dan pada tahun berapakah di temukannya SMTP tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. imple Mail Transfer Protocol (SMTP) adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirimkan pesan e-mail antar server, yang bisa dianalogikan sebagai kantor pos. Ketika kita mengirim sebuah e-mail, komputer kita akan mengarahkan e-mail tersebut ke sebuah SMTP server, untuk diteruskan ke mail-server tujuan.

      Mail-server tujuan ini bisa dianalogikan sebagai kotak pos di pagar depan rumah kita, atau kotak PO BOX di kantor pos. Email-email yang terkirim akan "nongkrong" di tempat tersebut hingga si pemiliknya mengambilnya. Urusan pengambilan e-mail tersebut tergantung kapan di penerima memeriksa account e-mailnya.

      SMTP di temukan saat E-Mail juga di kembangkan, karena mereka satu komponen. yaitu sekitar tahun 1970

      Hapus
  6. Rismayanti
    Apakah ada cara lain dalam mencari informasi di internet selain menggunakan search engine?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya... dengan anda mencari alamat2 situs infromasi yang anda butuhkan di buku2, koran, atau majalan, atau dari teman anda. baru anda masukan alamat itu di internet. Jadi alangkah cepatnya di saat anda online tinggal langsung buka saja search engine untuk mencari informasi yang anda butuhkan.

      Hapus
  7. Rian saraswati
    pak guruu bagaimana cara mengetahui orang yang menghack situs kita dan bagaimana cara mencegahnya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat situs kita tampilannya berantakan atau tampilannya tidak sesuai dengan apa yangn kita pernah buat.Ya mengatasinya dengan mengamankan akun kita, tapi apapun itu tergantung kejelian dari seorang hacker.

      Hapus
  8. Irmayani Novsyah
    Apa web browser yg pertama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proyek “World Wide Web” yang dikerjakan oleh Timothy Berners-Lee pada 1990 tidak saja menandai munculnya situs web pertama di dunia, namun juga melahirkan web browser (penjelajah/peramban web) pertama di dunia. Ketika Berners-Lee pertama kali mengenalkan web, dia sudah menggunakan browsernya sendiri, yang ia namai Nexus, namun masih sangat sederhana.

      Sampai kemudian, pada 22 April 1993, Marc Andreessen melalui proyek National Center for Supercomputing Applications (NCSA), merilis browser yang lebih canggih, bernama Mosaic. Bowser tersebut mudah digunakan, dan sudah bisa memuat gambar. Karenanya, Mosaic pun segera populer, dan dianggap sebagai “browser pertama yang sebenarnya”.

      Hapus
  9. Pak guru
    di buku dijelaskan bahwa "Ada beberapa Web browser yang dapat kita gunakan, antara lain Mozilla Firefox, Safari, Opera, Flock,"
    yang ingin saya tanyakan adalah apakah perbedaan yang paling menonjol di antara keempat web browser tersebut? jelaskan!
    *minimal 3 perbedaan...

    jangan lupa kunjungi blog kelas kami ya...
    http://smadgreen.blogspot.com
    http://smada-xiipa1unggulan.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mozila Firefox
      + add-ons yang sangat memudahkan user, dan sangat user friendly
      - terlalu canggih, tampilannya perfect, makanya kalo mo provide website, cross browser sangat diperlukan

      Internet Eksplorer
      + ga ada
      - terlalu banyak aplikasi toolbar yang bikin lemot, ga kompatibel sama beberapa tipe css

      opera
      + akses cepet, memudahkan penggunaan history
      - penyimpanan cache yang terlalu kuat, jadi terkadang apa yang kita buka, biasanya halaman yan pernah dibuka sebelomnya, jadi ga update

      chrome
      + sistem pancariannya canggih banget...
      - terlalu berat karena pemakaian satu tab, sama seperti penggunaan satu window

      safari
      + memudahkan penggunaan bookmark toolbar, memiliki efek2 motion yang keren
      - kurang add-on


      flock
      + aplikasi2 jejaring sosial yang integrated sangat jadi fitur andalan
      - kurang terkenal

      Hapus
  10. nama : muhammad yahya muiz
    kelas : XI IPA 1
    Pak guru
    di buku di jelaskan bahwa HTTP (Hyper Teks Transfer Protocol) bisa mentransfer teks tapi apakah hanya teks saja yang bisa di transfer atau bisa juga mentransfer juga gambar,video melalui HTTP itu.???

    BalasHapus
    Balasan
    1. HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW atau sebuah protokol meminta/menjawab antara client dan server. Jadi apapun yang muncul di dokumen suatu website itu anda bisa mengambilnya.

      Hapus
  11. nama : novia adi
    pak,, knp pas z buka bab 3.y tulisannya kayak berlapis" sehingga susah dibaca...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan jaringan anda lambat... kalau sudah klik untuk download materi. pilih unduh supaya anda bisa download materinya...

      Hapus
  12. Wa Ode Sitti Khadijah Nurhasanah
    XI IPA 1

    Terdapat banyak jenis program untuk chatting diantaranya adalah Yahoo Messenger, mIRC, Google Talk, Skype. Setiap program untuk chatting tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. tolong jelaskan!

    BalasHapus
  13. Rahmawati
    XI IPA Unggulan
    Pak guru, URL dapat menunjukkan query-query dokumen yang di simpan dalam database, hasil dari suatu perintah finger atau archie,
    Dapatkah anda jelaskan apa yang di maksud dengan query, perintah finger dan archie ?

    BalasHapus
  14. Sitti Rahmi Usa
    XI IPA Unggulan
    Pak, saat kita menulis surat, kadang" kita perlu memberikan tembusan pada pihak lain yang di tuju dan tembusan itu dapat di lakukan pada 1,2 atau lebih alamat email, tembusan yang sa maksud ini yaitu bentuk variasi komunikasi email. Yang saya mau tanykan, apa" saja bentuk variasi komunikasi pengguna email untuk mengirim pesan , dan kalau bisa jelaskan,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Variasi Bentuk Komunikasi dengan E-mail.
      a. Point to Point
      Maksudnya adalah mengirimkan e-mail langsung ke sebuah alamat tertentu.
      b. Carbon Copy / Cc
      Pengertian carbon disini analog dengan kertas karbon yang digunakan ketika anda mengetikkan surat (dengan mesin tik konvensional) menggunakan kertas karbon untuk mendapatkan salinan dokumen. Maksudnya sebuah e-mail selain ditujukan ke sebuah alamat utama juga dikirimkan tembusannya ke alamat lain. Biasanya alamat utama kita dituliskan kebagian To sedangkan tembusannya dituliskan pada bagian Cc.
      c. Blind Carbon Copy / Bc
      Ini adalah variasi dari Cc. dengan Cc, penerima e-mail yang alamat emailnya dituliskan pada bagian To oleh si pengirim bisa melihat kepada siapa atau kepada alamat e-mail mana saja e-mail yang diterimanya itu dikirimkan sebagai tembusan, nah tembusan lain juga dapat dikirimkan lagi ke seseorang dengan Bcc.

      Hapus
  15. Nama : Emy Safitri
    Kelas : XI IPA 1
    Pertanyaan : Bagaimana cara membuat MAILING LIST dan bagaimana caranya agar kita dapat bergabung di dalamnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umumnya website yang menawarkan email memiliki fitur malinglis seperti Yahoomail dengan YahooGroups untuk milisnya, dan GMail dengan GoogleGroups.
      Mendaftar Mailinglis sangat mudah yaitu dengan memasukkan alamat email di form milis yang disediakan di sebuah website. Tapi jika milis tersebut tidak menyediakanya, langkah-langkahnya yaitu :

      1. Kirim sebuah email kosong (tanpa subjek dan isi) ke nama-milisnya@yahoogroups.com

      2. Tunggu hingga pengelola milis menerima keanggotaan Anda di milis tersebut. Keanggotaan ada yang otomatis diterima ada juga yang menunggu moderasi dari pengelola milis.

      Cara yang dijelaskan diatas untuk milis yang diketahui alamatnya, bagaimana jika milisnya tidak diketahui dan ingin bergabung dimilis dengan topik spesifik misalnya info lowongan pekerjaan atau info beasiswa. Berikut langkah-langkah mencari dan bergabung di milis sesuai topik tertentu :

      1. Cari nama milis di http://groups.yahoo.com/ misalnya “lowongan pekerjaan” atau “alumni UPI Bandung” dan sebagainya.
      2. Klik pada milis yang ingin anda ikuti lalu klik Join This Group!

      Hapus
  16. Waode Irna
    XI IPA 1
    Pak guru, adakan persamaan antara web browser dengan search engine ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda antara web browser dengan search engine. karena Web browser adalah software pada komputer untuk menampilkan halaman web sedangkan Searh Engine adalah website yang berfungsi sebagai Mesin pencari informasi

      Hapus
  17. Jusriah Fatima
    XI IPA 1
    Pak Guru,, apakah ada TLD yang di gunakan untuk selruh dunia ?

    BalasHapus
  18. Surya Dharmawan
    XI IPA 1
    Pak Guruuuu, kan trdpat 2 jenis layanan email :
    1. Email berbasis web
    2. Email berbasis clien
    Prtnyaan saya, manakah di antara kedua jenis layanan itu yang paling efektif di gunakan ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang paling efektif adalah email yang berbasis web, karna jangkauannya besar yaitu dengan jangkauan jaringan internet, memanfaatkan jaringan internet. sedangkan email berbasis client jangkauannya dekat, hanya di lingkup jaringan itu saja.

      Hapus
  19. Radjiman
    XI IPA 1
    Apa kelebihan dan kekurangan email berbasis web dan email berbasis clien, tolong jelaskan

    BalasHapus
  20. CITRA INDAH BESTARI
    XI IPA 1
    Pak guru, siapa yang pertama kali meluncurkan hypertext dan Html

    BalasHapus
  21. SITI AZRIANTI
    XI IPA 1
    Pak guru apa saja kelebihan dari mozilla firefox dibanding dengan web browser yang lain sehingga menjadi web browser terbaik untuk saat ini dan apakah mozilla firefox memiliki kekurangan, jika ada tolong jelaskan pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Firefox telah terbukti bertahun-tahun untuk menjadi web browser yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh pengguna internet di dunia. Keamanan, kecepatan dan fleksibilitas yang Mozilla Firefox jika dibandingkan dengan program serupa lainnya yang tidak perlu diragukan lagi. Software ini Update pada secara teratur dan selalu tersedia untuk didownload secara gratis dalam berbagai bahasa dan sistem operasi. Mozilla Firefox juga selalu memimpin jalan dalam melacak teknologi internet terbaru dan melaksanakan dukungan dalam setiap rilis.
      Kekurangan:
      Salah satu fitur yang belum tersedia di default Mozilla Firefox adalah kemampuan untuk Translate atau terjemahan dari halaman web secara otomatis. Pesaing Web browser, yaitu Google Chrome, menyediakan fitur standar untuk menerjemahkan bahasa dalam tayangan halaman web

      Hapus
  22. MUH. NUR FIRMAN.S
    XI. IPA 1
    PAK GURU Z mau tanya kpan mulai di temukannya HTML ?

    BalasHapus
  23. MeLLy AmeLia
    XI IPA 1

    Seperti yang telah kita ketahui bahwa mailing list adalah suatu kelompok diskusi dimana setiap orang dapat berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya. Pertanyaan saya adalah :
    1. Apakah kelebihan dan kekurangan mailing list tersebut ?
    2. Jika sy bergabung di kelompok tersebut, apakah terdapat dampak positif dan negatifnya khususnya bagi sy sendiri seorang pelajar ?Jika ada tolong dijelaskan !

    Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. +Kelebihan
      Semua anggota di suatu milis dapat menerima informasi-informasi yang hanya disiarkan di milis tersebtu karena ketika seorang anggota di dalam daftar mengirim catatan ke grup tersebut, e-mail akan disiarkan ke semua anggota daftar.
      Para anggota milis akan selalu merasa terkinikan (up-to-date) dengan adanya diskusi berbasis web ini, yang membuat setiap berita yang masuk ke dalam milis menjadi pesan baru di setiap inbox anggotanya.
      -Kekurangan
      Milis kurang praktis untuk beberapa hal. Misalnya, setiap e-mail yang terkirim ke milis akan terkirim juga ke alamat e-mail pengirim. Apabila seseorang jarang membacanya, maka inbox e-mail yang bersangkutan akan penuh terisi milis. Padahal, kapasitas email sangat terbatas. Full inbox juga dapat membuat pesan-pesan non-milis terselip, sehingga tidak terbaca. Padahal, pesan tersebut bisa jadi sangat penting.
      Milis tidak bersifat interaktif untuk diskusi karena seseorang tidak dapat menggolongkan pesan berdasarkan temanya.
      Milis merepotkan pengguna jika harus me-reply (menjawab) suatu pesan karena harus menyertakan pesan sebelumnya yang telah di-reply. Jika tidak, sulit bagi orang lain untuk mengetahui pesan mana yang sedang seseorang respons.
      Jika bergabung dengan group yang positif maka akan mendapatkan manfaat yang positif, begitu sebaliknya jika group yang negatif maka akan mendapatkan dampak negafit.

      Hapus
  24. Era Utari
    XI-IPA 1

    Apakah dari sekian banyak mesin pencari (search engine), yang paling populer diantaranya:
    Google, beralamat di www.google.com
    Yahoo, beralamat di www.yahoo.com
    AltheWeb, beralamat di www.altheweb.com
    Altavista, beralamat di www.altavista.com
    Excite, beralamat di www.excite.com
    Lycos, beralamat di www.lycos.com

    memiliki manfaat bagi penggunannya dan apa manfaat yang didapatkan ????

    terimakasih :)
















    BalasHapus
    Balasan
    1. Manfaat search engine adalah mempercepat dan mempermudah kita untuk menemukan website yang memuat konten yang kita cari, dgn hanya mengetikan keyword pada kolom yg tersedia, bahkan kita juga bisa menemukan banyak hal melalui search engine, seperti : info alamat web, info pendidikan, info-info penemuan, dan lain-lain.
      Biasanya search engine melengkapi fasilitasnya dengan berbagai macam fitur pencarian diantaranya : Search web, search image, search video, search audio, search document, dan banyak fitur lainnya.

      Hapus
  25. Sitti Rahmaniar Husrani
    XI IPA 1

    Sebutkan 5 fasilitas yang terdapat dalam internet !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya fasilitas dan layanan internet sudah jelas di materi bab 3.

      Hapus
  26. Nama : Resti Arnianti
    Kelas : XI IPA 1

    Pada FB sering digunakan .co.id sedangkan .co.id subdomain dari lembaga komersial.
    Pertanyaannya :
    Apakah FB termasuk lembaga komersial? Dan apa yang dimaksud dengan lembaga komersial?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lembaga komersial adalah sesuatu lembaga yang menghasilkan finansial(bisnis). jadi Facebook adalah lembaga komersial.

      Hapus
  27. Nama : Asnun Ritno Prasetia
    Kelas : X1 IPA Unggulan

    Bagaimana cara kerja dari CHAT ?
    Bagaimana kerja jaringan hingga bisa buat dalam waktu yang sama kita bisa berkomunikasi dengan pengguna internet yang lain?

    Tolong di jelaskan Pak....

    BalasHapus
  28. fitri ayu wulandari
    XI ipa 1

    saya ingin bertanya pak,,
    mengapa dalam menggunakan email berbasis web,sering kali sya mendapati suatu kalimat (tips) yaitu: jangan sekali* merespon(proses) spaming mail,
    apa maksud dari spaming mail itu,lebh jelasnya seperti ap pak???
    serta dampak apa yang kita dapati pada email kita,jika kita cereboh memproses (merespon0 spaming mail itu?

    mhon penjelasannya pak,,
    sekian & terima kasih pak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spaming mail adalah unsolicited email (email yang tidak diminta) yang dikirim ke banyak orang. Contoh kiriman email yang berisi spam: iklan, advertensi, tawaran untuk bergabung ke MLM, undian, informasi palsu, phishing, penipuan.
      Dampak nyata yang dirasakan adalah waktu yang terbuang untuk mengidentifikasi dan membuang e-mail sampah ini. Kadang, secara tidak sengaja, e-mail bukan SPAM pun ikut terbuang. Bahaya lainnya datang dari virus maupun program Trojan yang menyusup dalam e-mail SPAM tersebut.

      Hapus
  29. la ode nur syamsu asgaf
    Ass, pak
    mw tanya katanya kalau kita buat blog bisa menghasilkan uang, bagaimana caranya pak?
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iye, blog bisa menghasilkan uang dengan kita memposting atau mempromosikan kita punya bisnis blog kita.

      Hapus
  30. Nama : Wa Ode Reza Sindy Warni
    kelas : XI IPA 2

    Pak, saya ingin bertanya, pak guru pernah menggunakan Wordpress? jika pernah, pak guru lebih suka mana blogger atau wordpress? dan juga apa-apa saja keunggulan beserta kekurangan blogger. mohon dijawab, Pak.

    Makasih ^_^

    BalasHapus